Jenis-Jenis Perhiasan

Perhiasan adalah benda yang tidak bisa lepas dari fashion. Hampir semua orang akan memadukan gaya berbusana mereka dengan perhiasan untuk melengkapinya. Selain itu perhiasan juga merupakan benda yang bisa dijadikan investasi, namun tidak semuanya bisa.

Beragam kelebihannya ini membuat banyak orang menjadi suka mengoleksi perhiasan. Tapi tahukah kamu kalau ada banyak jenis perhiasan yang biasa kita temukan?

Berikut ini kami akan membahas mengenai beberapa jenis bahan perhiasan logam yang biasa digunakan dalam membuat perhiasan dan bedanya dengan yang lain. Kira-kira ada apa saja, ya?

Bahan Perhiasan Logam

1.Perak

Jenis-Jenis Perhiasan

Pertama yang akan kami bahas adalah perhiasan yang berbahan perak. Bahan ini sudah sangat umum digunakan untuk membuat perhiasan. Setidaknya ada 3 tingkatan di perhiasan yang menggunakan perak, yaitu yang murni, tarling, dan argentinum. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau kemampuanmu.

2. Emas

Emas

Emas adalah perhiasan yang bukan hanya cocok dijadikan paduan untuk fashion, tapi emas juga cocok dijadikan barang investasi. Emas sendiri pada masa sekarang ini tidak lagi selalu murni, di mana sudah banyak emas yang menjadi pelapis logam dasarnya. Ada pula perak lapis emas yang lebih mahal kalau dibandingkan dengan perhiasan metal lain.

3. Tembaga

Tembaga

Mungkin tembaga adalah perhiasan yang biasanya harga perhiasannya mahal. Ini adalah bahan yang mudah untuk dibentuk, apalagi kalau dibandingkan dengan emas atau perak.

4. Platina

Platina

Platina merupakan jenis perak alumunium yang kerap kali terdiri dari 92,5% perak, 1 alumunium, dan sisanya adalah bahan lain. Perpaduan ini akan membuat bahan yang dihasilkan menjadi tampak lebih cerah juga anti noda. Selain itu kalau dibandingkan dengan harga platinium, harga Platina jauh lebih murah.

5. Karatium

Karatium

Karatium adalah logam jenis baru yang tujuan penciptaannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar yang ingin harga lebih murah. Bahan logam ini adalah perpaduan dari 10%-20% emas dan 2,5% perak. Harganya yang murah dibandingkan emas 10 karat, ini adalah logam yang bagus karena ia tidak akan luntur karena lapisan emasnya.

6. Titanium

Titanium

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan titanium, logam yang merupakan logam paling kuat saat ini. Logam dengan warna abu-abu ini membuat perhiasan menjadi tampak lebih modern. Selain itu ia tahan pada korosi, noda, juga tahan akan perubahan warna. Sebabnya banyak orang yang gemar menggunakan titanium sebagai bahan cincin kawin mereka.

7. Palladium

Palladium

Palladium memiliki warna perak yang cantik, sebabnya Palladium digunakan sebagai bahan perhiasan emas putih. Warna cerah dan tahan lamanya membuat Palladium terasa sempurna untuk perhiasan pernikahan.

8. Perunggu

Perunggu

Perunggu adalah bahan perhiasan yang sudah tidak asing lagi untuk kita, karena banyak perhiasan seperti gelang, cincin, kalung, sampai anting yang menggunakan bahan perunggu. Warna dan tekstur perunggu membuatnya tak lekang oleh waktu.

9. Kuningan

Kuningan

Kuningan merupakan bahan campuran dari tembaga dan seng, warna yang dihasilkan dari bahan itu adalah warna kilau yang menyerupai emas. Kelebihan dari kuningan adalah ia murah dan mudah untuk dibentuk, sayangnya warna kuningan mudah untuk luntur.

10. Timah

Timah

Terakhir yang akan kami bahas adalah Timah, bahan yang sudah sering kali digunakan untuk membuat perhiasan seperti cincin dan liontin. Kalau dikerjakan dengan baik, ia akan menghasilkan perhiasan dengan kilau yang Elegant dan tampak halus.

Itulah beberapa jenis bahan perhiasan yang sering kali kita temukan di pasaran. Dari berbagai bahan-bahan perhiasan yang atas, kamu lebih memilih bahan yang mana?